Keluarga Sakinah

Mari Bersama-sama Kita Wujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Wa Rohmah

18 Mei 2008

Tangis Bayi

Bismillahirrohmanirrohim
Apabila bayi menangis, itu berarti dia membutuhkan pertolongan Anda. Bayi menangis karena membutuhkan sesuatu, mereka tidak akan berhenti menangis sampai ia mendapatkan apa yang mereka buthkan atau terlalu lelah untuk menangis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika seorang ibu memberikan reaksi yang cepat atas tangisan bayi, maka tangisan bayi akan cepat reda.
Mengapa Bayi Menangis?
Lapar
Segera susui bayi anda ketika ia menunjukkan tanda-tanda lapar ( mencari-cari atau menolehkan kepala kepada benda yang menyentuh pipinya, mengisap tangannya, rewel, dsb). Pada awal-awal kehidupannya, lambung bayi masih sangat kecil, sehingga hanya cukup untuk menampung sedikit makanan. Makanya, kadang bayi sudah lapar lagi, meski kita merasa baru saja selesai menyusuinya.
Beberapa bayi yang lapar menjadi sangat rewel dan tidak bisa ditenangkan atau diasuh seperti biasanya.
Kesepian
Apabila bayi anda menjadi tenang dan tetap tenang setelah Anda menggendongnya, itu berarti ia merindukan anda. Kebutuhan bayi akan kedekatan dengan orang tuanya adalah nyata. Anda tidak akan memanjakan bayi hanya dengan menggendongnya ketika ia membutuhkannya.
Kepanasan atau kedinginan
Rasakan punggung atau perut bayi untuk memeriksa apakah bayi anda kepanasan atau kedinginan. Sesuaikan pakaian bayi supaya bayi anda merasa nyaman. Berikan pakaian kepada bayi seperti apa anda berpakaian, atau satu lapis lebih tebal supaya hangat.
Mendapatkan terlalu banyak rangsangan
Terlalu banyak orang yang lalu lalang atau berbicara pada bayi pada suat waktu akan menyebabkan bayi terlalu lelah. Berikan waktu pada bayi untuk merasa tenang dan damai. Menaruh bayi anda dalam ruangan yang temaram akan membantu bayi menjadi lebih tenang.
Terkejut
Bayi terkadang bergerak tiba-tiba, terkejut, lalu menangis. Melilitkan selimut dengan aman di sekeliling tubuh dan menggendongnya dengan mantap dapat menenangkan bayi anda.
Popok basah
Beberapa bayi mungkin tidak merasa risih saat popoknya basah, tapi pada umumnya, bayi akan segera menangis sesaat setelah popoknya basah, baik karena kencing ataupun pup.
Rasa sakit
Kadang bayi merasa sakit, hanya karena ada suatu benda kecil di tubuhnya, periksalah, mungkin ada peniti, label baju, serpihan kayu, atau bahkan semut di tubuhnya.
Mengantuk
Kalau bayi sudah mulai menguap, dan menggosok-gosok matanya, berarti ia sudah mengantuk. Beberapa bayi sedikit rewel saat mengantuk.
Perangai
Bayi yang lebih sensitif, lebih bersemangat, dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan diri, umumnya lebih sering menangis dan tangisannya lebih keras.

Tidak ada komentar: