Keluarga Sakinah

Mari Bersama-sama Kita Wujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Wa Rohmah

18 Mei 2008

Pijat Bayi

Bismillahirrohmanirrohim
Banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari piat bayi, diantaranya :
Jarang sakit
Nafsu makan meningkat
Tidur teratur
Lincah
Membantu merangsang kekebalan tubuh
Membantu menghilangkan kolik, masuk angin dan susah buang air besar
Menenangkan dan mengurangi nyeri pada bayi
Meningkatkan daya srap nutrisi ke dalam tuuhnya
Meningkatkan hubungan kekeluargaan bayi dengan orang tuanya (ibu atau ayah yang memijat)
Begitu banyaknya manfaat yang bisa diambil dari pijat bayi, sehingga tidak mengherankan jika belakangan ini banyak ibu-ibu yang berbondong-bondong mendatangi kelas pijat bayi.
Pijat bayi bisa dilakukan 1 - 2 kali sehari, dengan waktu 20 - 30 menit. Lakukan setelah bayi mandi, tapi jangan memaksakan diri maupun bayi. Buat suasana yang hangat, baik ruangan maupun psikisnya. Jangan paksa bayi untuk dipijat saat ia sudah mengantuk atau rewel, buat acara pijat bayi sesuatu yang menyenangkan kedua belah pihak.
Berikut ini langkah - langkah pijat bayi :
Baringkan si kecil telentang. Mulailah memijat salah satu kaki, memusatkan pijatan pada bagian atas dan tumitnya. Lalu pijat jari kakinya dengan memutar-mutarnya menggunakan telunjuk dan ibu jari. Ulangi untuk kaki yang lain.
Mulailah dari paha bagian atas, tarik tungkainya kea rah bawah dengan gerakan "tangan di atas tangan" dengan lembut, agar pergelangan kaki dan telapak kaki bisa ikut dipijat. Ulangi pada tungkai kaki yang lain. Sesudah selesai, pegang kedua tungkai kakinya di bagian pergelangan dan dengan lembut melakukan gerakan seperti "naik sepeda" beberapa kali, tekukkan satu tungkai saat Anda memperkuat tungkai kaki yang lain.
Tepukkan kakinya hingga lutut bergerak kea rah luar. Gunakan tangan kanan untuk menarik kaki kanannya kea rah pusar. Biarkan posisi itu saat memijat belakang paha serta pantat dengan tangan kiri selama 30 detik. Pegang pergelangan kakinya, goyang tungkainya dengan posisi lurus. Ulangi untuk kaki yang lain. Lakukan beberapa kali gerakan "naik sepeda". Pegang tumitnya dengan satu tangan tangan dan dorong kedua tungkai kea rah perutnya sehingga pantatnya terangkat. Pijat dasar tulang ekornya selama 20 detik.
Goyangkan tungkai kakinya, lalu letakkan tangan Anda di atas perutnya, hingga Anda merasa perutnya rileks. Setelah itu, gunakan tangan Anda yang rileks, pijat dengan gerakan melingkar searah jarum jam. Ulangi beberapa kali, kemudian usap perutnya dengan gerakan menyamping, dan tangan Anda bergerak di antara tulang rusuk dan pinggulnya.
Letakkan kedua tangan Anda di atas dadanya. Usap pundaknya dengan gerakan ke atas kearah luar beberapa kali. Usap dada bagian tengah, menyamping kea rah luar. Ulangi beberapa kali, lalu tangkupkan telapak tangan Anda dan tepuk-tepuklah dengan pelan bagian atas dan sisi kanan dan kiri dada si kecil.
Pijat terus bagian dada dengan kedua tangan, ke atas dan ke arah luar di atas pundak dan turun ke lengan, tarik dengan lembut kedua lengannya kearah bawah melewati telapak tangan Anda, sepanjang sisi tubuhnya.
Saat ia rileks, rentangkan lengannya kea rah luar, bersisian sejajar dengan pundaknya.
Sesudah menggoyang-goyangkan lengannya, angkat kedua lengannya ke atas kepala, tapi jangan memaksanya.
Baringkan si kecil tengkurap, dada dan bahu ditopang bantal. Berikan usapan yang lama dan kuat, dan biarkan tangan Anda rileks memijat dari atas ke bawah bergantian, kea rah tulang ekor beberapa kali. Lalu, tangkupkan kedua tangan dan tepu-tepuuklah punggungnya, pundaknya, lalu kea rah tulang ekornya. Usap punggungnya hingga ke tungkai, dari pinggul hingga kaki, dan tariklah tungkai dan kakinya dengan telapak tangan.
Saat bayi bisa bertumpu pada lengan, Anda bisa memijat dada dan sekitar pundak, menarik lengannya ke bawah sehinga merapat ke kedua sisi tubuhnya. Saat ia bisa mengangkat dada dalam posisi ini, Anda bisa membantunya melakukan gerakan ini dengan menarik kedua lengannya dari pundak hingga ke pergelangan tangan. Ulangi beberapa kali agar lengannya bisa turun di samping pinggulnya.
Akhiri sesi pemijatan dengan mendudukkan si kecil di atas pangkuan dan memijat kepalanya. Mulailah dengan menggunakan ujung-ujung jari kemudian ke seluruh tangan. Lanjutkan selama satu menit atau lebih dan kemudian topang dadanya dengan satu tangan dan gunakan tangan yang lain untuk memijat bagian belakang leher dan pundaknya.
Demikian tahapan-tahapan pijat bayi, awalnya memang terasa repot, tapi lama kelamaan akan menjadi terbiasa, apalagi mengingat manfaatnya, pasti ibu-ibu akan semakin bersemangat menerapkannya ke bayi Anda.

Tidak ada komentar: